Ditulis pada tanggal 1 May 2018, oleh admin, pada kategori Berita

WhatsApp Image 2018-05-15 at 11.48.44

Dosen Teknik Kimia FT-UB, Vivi Nurhadianty mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kompetensi Dosen Bidang Bioengineering di Hotel Swiss-Bellin Malang, mulai Senin, 09 April 2018 hingga Kamis 12 April 2018.

Bimtek Bioengineering ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang bioengineering untuk memahami, menguasai dan menerapkan teori serta metode dalam bidang bioengineering.

Selain itu kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dosen dalam bioengineering untuk mampu merancang metode, melaksanakan proses penelitian dalam bidang bioengineering dan menuliskan hasilnya dalam jurnal bereputasi Internasional, dan memproduksi paten.

Bimtek Bioengineering ini diikuti oleh kurang lebih 50 peserta yang merupakan dosen berbagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan bioengineering (seperti, teknik kimia, kimia, biologi, teknologi pertanian, dsb). Pada kegiatan ini, materi diberikan oleh lima orang narasumber yang merupakan pakar dari bidang bioengineering. Dimana materi yang diberikan yaitu mengenai pemanfaatan mikroba dalam kehidupan, biologi molekular dan teknik analisis, biomaterials and biocompatibility, biomechanics soft tissue, fisika instrumentasi, biosensor, manajemen laboratorium, penulisan karya tulis ilmiah dan paten.

Vivi menyatakan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan membuka pandangan-pandangan baru mengenai bioengineering seperti dasar-dasar dalam pengembangan penelitian bioengineering, tren dunia penelitian saat ini yang terkait, dan gambaran aplikasi penelitian bioengineering yang lebih luas karena pada kegiatan ini tidak hanya pembahasan mengenai yang berhubungan dengan teknik kimia saja namun dari berbagai disiplin ilmu. Dari kegiatan ini juga menambah jaringan sehingga diharapkan untuk ke depannya penelitian bioengineering di Jurusan Teknik Kimia FT-UB dapat bekerjasama dengan berbagai pihak. Dimana dengan adanya kerjasama ini diharapkan data-data yang dibutuhkan untuk penelitian lebih mudah diakses dan lebih lengkap.

“Harapan saya dengan mengikuti Bimtek ini dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kompetensi pada mata kuliah yang berbasis bahan alam hayati dan dapat diaplikasikan untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa Jurusan Teknik Kimia FT-UB dalam penelitian atau skripsi bidang hayati” Tutur Vivi selaku salah satu dosen bidang rekayasa hayati Jurusan Teknik Kimia FT-UB. (hni)

WhatsApp Image 2018-05-15 at 11.49.16