Ditulis pada tanggal 10 May 2014, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

DSC_0082EDITPada hari Senin hingga Jumat (6-9 Mei 2014), Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya kembali mengadakan lokakarya, kali ini tentang “Penyusunan Dokumen Akreditasi” dalam rangka melanjutkan Program Hibah Kompetisi A-1 (PHK A-1) untuk peningkatan mutu dan pengembangan PSTK-UB. Lokakarya kali ini menghadirkan Prof. Dr. Drs. Surachman, MSIE dan Ir.Achmad Wicaksono, M.Eng., Pd.D sebagai narasumber. Selain dari pihak dosen, lokakarya ini juga melibatkan beberapa perwakilan dari recording, laboran dan mahasiswa sebagai peserta.

Di hari pertama lokakarya, pembukaan dan sambutan diberikan oleh Prof. Dr. Ir. Chandrawati Cahyani, MS selaku ketua Teknik Kimia-UB. Setelah acara pembukaan, dilakukan pemberian materi oleh Ir.Achmad Wicaksono, M.Eng., Pd.D. selaku narasumber pada hari pertama. Adapun materi inti yang disampaikan adalah pengantar dan prinsip dasar untuk penyusunan dokumen akreditasi/borang serta standar-standar BAN-PT untuk akreditasi, terutama tentang Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian untuk PSTK-UB kedepan. Beliau mengatakan bahwa dalam penyusunan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian untuk PSTK-UB, muatannya harus sinergis dengan harapan dan standar-standar dari BAN-PT. Selain itu, sinergitas juga harus ada dengan Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian milik Fakultas Teknik UB serta terhadap milik Universitas Brawijaya sendiri. Setelah pemberian materi, dilakukan diskusi untuk merevisi Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran serta Strategi Pencapaian berdasarkan materi yang telah diberikan. Diskusi dan revisi ini dilakukan oleh seluruh peserta lokakarya dan dibantu oleh Ir.Achmad Wicaksono, M.Eng., Pd.D.

Pada hari Selasa hingga Kamis, yang bertindak sebagai narasumber adalah Prof. Dr. Drs. Surachman, MSIE. Kegiatan yang dilakukan adalah penyusunan dokumen akreditasi (Borang) untuk Teknik Kimia-UB berdasarkan standar-standar akreditasi. Menurut BAN-PT, standar akreditasi merupakan tolok ukur yang harus dipenuhi oleh institusi perguruan tinggi yang digunakan untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan institusi, dimana standar akreditasi terdiri atas beberapa elemen penilaian (parameter/indikator kunci) yang dapat digunakan sebagai dasar untuk mengukur dan menetapkan mutu dan kelayakan kinerja perguruan tinggi yang bersangkutan, yaitu:

Standar 1:   Visi, misi, tujuan dan sasaran, serta strategi pencapaian

Standar 2:  Tata pamong,  kepemimpinan, sistem pengelolaan, dan penjaminan mutu

Standar 3:   Mahasiswa dan lulusan

Standar 4:   Sumber daya manusia

Standar 5:   Kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik

Standar 6:   Pembiayaan, sarana dan prasarana, serta sistem informasi

Standar 7:   Penelitian,  pelayanan/pengabdian kepada masyarakat, dan kerjasama

Penyusunan dokumen akreditasi berdasarkan standar-standar diatas dilakukan oleh dosen, perwakilan tenaga kependidikan dan perwakilan mahasiswa Teknik Kimia-UB dengan metode diskusi dan dibimbing oleh Prof. Dr. Drs. Surachman, MSIE. Beliau memberikan saran-saran dan gambaran untuk pengisian borang, misalnya dalam pengisian borang sangat perlu untuk mengutamakan kejujuran dalam pengisian, serta pentingnya untuk menyiapkan bukti pendukung sebagai lampiran borang seperti tabel-tabel, gambar, grafik, atau cara penyajian lain yang memberikan gambaran tentang kondisi Teknik Kimia-UB sampai saat ini serta prospek dan kecenderungan-kecenderungan yang dianggap perlu untuk menunjukkan kapasitas dan atau kinerja Teknik Kimia-UB selama rentang waktu tertentu.

Hari Jumat merupakan hari terakhir lokakarya Penyusunan Dokumen Akreditasi. Kegiatan yang dilakukan adalah tanya jawab mengenai hal-hal yang belum jelas tentang penyusunan dan pengisian borang. Selain itu juga dilakukan evaluasi diri, yang bertujuan untuk mengetahui gambaran mengenai kinerja dan keadaan Teknik Kimia-UB saat ini dengan cara pengkajian dan analisis. Pengkajian dan analisis  ini juga dilakukan oleh narasumber, Prof. Dr. Drs. Surachman, MSIE sehingga evaluasi diri dapat dilaksanakan secara objektif. Hasil dari evaluasi diri ini diharapkan dapat digunakan untuk memperbaiki mutu, kinerja serta output PSTK-UB nantinya.

DSC_0027EDIT