Ditulis pada tanggal 24 May 2014, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

DSC_0058 (2)Teknik Kimia UB kembali mengadakan lokakarya melalui Program Hibah Kompetisi A-1 (PHK A-1).  Kali ini mengangkat judul “Lokakarya Manajemen Perkuliahan”. Acara ini berlangsung tanggal 19 – 23 Mei 2014 dan dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Teknik UB, Prof. Dr. Ir. Mohamad Bisri, MS. Beliau mengatakan bahwa manajemen perkuliahan bagi dosen merupakan hal mutlak yang perlu dilakukan untuk memperbaiki keadaan yang perkuliahan yang kurang efektif dewasa ini. Beliau juga sangat mendukung kegiatan ini karena selaras dengan program Fakultas yang mencanangkan program perbaikan metode pengajaran sehingga Student Centered Learning dapat terwujud secara nyata, bukan sekadar wacana.

Narasumber acara ini adalah bapak Prof. Dr. Ir. Suhardjono, M.Pd. Dipl.HE. Dengan kepakaran beliau dalam bidang teknologi pendidikan dan pembelajaran, beliau  banyak berbagi tips, saran dan berbagi pengalaman dalam merancang perkuliahan yang baik. Gaya khas beliau yang santai namun serius membuat materi acara mudah untuk diterima oleh peserta lokakarya ini. Dalam acara ini, peserta diberi tugas mandiri dan hasilnya di presentasikan dan di diskusikan untuk mendapatkan umpan balik.

Setelah acara ini, peserta diharapkan mampu merancang perkuliahan dengan baik dengan mampu membuat RPKPS, handout perkuliahan, tugas perkuliahan dan praktikum, soal ujian semester, dan rancangan buku ajar yang berguna bagi mahasiswa, dosen dan program studi.

Lokakarya ini banyak memberikan manfaat bagi peserta, khususnya dosen Teknik Kimia dalam mengatur perkuliahan secara profesional. Dalam acara ini narasumber juga  berpesan bahwa seorang dosen harus menyenangi dan menikmati profesinya karena ini adalah bentuk pengabdian. Rasa mencintai pekerjaan akan menumbuhkan sikap profesional.

Semoga segala hal yang didapat dari acara lokakarya ini dapat diaplikasikan secara nyata sehingga perkuliahan di Teknik Kimia UB dapat berjalan lebih efektif dan efisien. Dengan demikian tujuan pembelajaran juga dapat tercapai. (C. Nirwana)