Ditulis pada tanggal 18 September 2013, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

63IMG_8287Program Studi Teknik Kimia Universitas Brawijaya (PSTK-FTUB) sukses mengadakan Lokakarya Peningkatan Layanan Kuliah Kerja Nyata Praktek (KKN-P),  Tugas perancangan pabrik, dan Skripsi yang diselenggarakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 14 – 15 September 2013.  Lokakarya yang diselenggarakan ini merupakan salah satu rangkaian dari acara Program Hibah Kompetisi A-1. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Bapak Ir. Bambang Ismuyanto, M.S selaku Ketua Program Hibah Kompetisi A-1 (PHK A-1) Program Studi Teknik Kimia Universitas Brawijaya. Pada lokakaya kali ini, Program Studi Teknik Kimia mengundang Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng sebagai Narasumber. Partisipasi yang sangat baik ditunjukkan dengan hadir seluruh dosen PSTK, tenaga kependidikan PSTK, serta 10 perwakilan mahasiswa angkatan 2011 dan 7 perwakilan mahasiswa 2012.

Banyak ilmu yang dibagi oleh Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng yang disampaikan secara santai tetapi tetap serius mengenai pengalaman ketika menjadi pengurus APTEKINDO (Asosiasi Pendidikan Tinggi Teknik Kimia Indonesia) dalam merumuskan kurikulum baku program sarjana teknik kimia Indonesia. Beliau juga menjelaskan mekanisme skripsi, tugas perancangan pabrik, dan KKN-P bagi mahasiswa, dosen, serta tenaga kependidikan yang pernah diterapkan di Universitas Indonesia.  Tak lupa beliau banyak menceritakan pengalaman-pengalamannya menjadi seorang pembimbing skripsi dan pendamping KKN-P (biasa disebut PKL).Tentunya pembahasan-pembahasan tersebut sangatlah membuka wawasan mahasiswa yang mulanya belum begitu mengenal mengenai skripsi , KKN-P, dan tugas perancangan pabrik.

Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng saat memberikan materi

Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng saat memberikan materi

Bagi dosen dan para tenaga kependidikan PSTK sendiri dapat memperdalam kajian tentang KKN-P, Tugas perancangan pabrik, dan skripsi. Beliau juga selalu meberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menjadi seorang Chemical Engineer yang handal dan berkualitas. Dengan penyampaiannya yang santai tersebut, membuat tak terasanya acara lokakarya yang berlangsung dari pagi hingga sore hari. Kegiatan yang mendapat sambutan baik oleh dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa PSTK-FTUB sangat  terlihat ketika dibuka sesi interaktif dalam acara diskusi yang dimoderatori Bapak Ir. Bambang Poerwadi., M.S, terlihat antusiasme para peserta, baik dari kalangan dosen, tenaga kependidikan, maupun mahasiswa PSTK.

Acara lokakarya hari kedua berbeda dengan hari sebelumnya, lokakarya pada hari ini hanya dihadiri oleh dosen dan tenaga kependidikan dikarenakan PSTK-FTUB diharapkan dapat merumuskan pedoman untuk pelaksanaan KKN-P, tugas perancangan pabrik, dan skripsi yang telah didiskusikan dengan narasumber . Lokakarya kali ini bersifat santai dan lebih terlihat kekeluargaan. Pada akhir acara tidak lupa Ketua Program Studi Teknik Kimia FTUB, Prof. Dr. Ir. Chandrawati Cahyani., M.S, memberikan cenderamata kepada Bapak Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng.

Suasana diskusi bersama para dosen dan tenaga kependidikan PSTK

Suasana diskusi bersama para dosen dan tenaga kependidikan PSTK

Bapak Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng bersama para dosen dan tenaga kependidikan PSTK-FTUB

Bapak Dr. Ir. Asep Handaya Saputra., M. Eng bersama para dosen dan tenaga kependidikan PSTK-FTUB