Language :  
Jumat, 19 April 2013 - 11:38:27 WIB
Koneksi II Mahasiswa Teknik Kimia
Diposting oleh : a.s.
Kategori : Berita - Dibaca: 1617 kali


 Orange, creme de la creme”, itulah jargon yang diteriakkan rekan-rekan mahasiswa HIMATEKK ITS saat mengisi materi di acara Mahasiswa Teknik Kimia UB, KONEKSI II kemarin. KONEKSI II yang merupakan singkatan dari Konsolidasi Eksternal Internal II, diadakan hari Sabtu-Minggu tanggal 13-14 April 2013 di Vila Handayani, Batu, dimana Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia atau HIMATEKK ITS salah satu pemateri yang luar biasa di acara ini.

Sesuai kepanjangannya, acara KONEKSI II yang diadakan oleh Mahasiswa Teknik Kimia UB ini bertujuan untuk mempererat tali kekeluargaan antar mahasiswa, dosen dan karyawan Teknik Kimia UB, juga untuk memperkenalkan Program Studi ini pada jurusan Teknik Kimia di Perguruan Tinggi yang lain. Terbukti di tahun kedua KONEKSI diadakan, telah diundang pemateri dari luar Teknik Kimia UB yaitu Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia dari ITS, ITN dan POLINEMA, Badan Eksekutif Mahasiwa Teknik atau BEM Teknik UB juga Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia atau BKKMTKI untuk mewujudkan tujuan acara ini diadakan.

Acara dimulai pada 13 April 2013 pukul 11.00 dengan materi sharing HIMATEKK ITS kepada Mahasiswa Teknik Kimia UB. Dengan jaket bolak-balik orange abu-abu, rekan mahasiswa ITS memberitahukan seluk beluk tentang HIMATEKK ITS. Program kerja himpunan, tradisi jurusan, anggota himpunan, serta sejarah transformasi logo himpunan berikut visi dan misinya, dengan baik mereka ceritakan kepada peserta KONEKSI II.

Setelah selesai, Kongres Mahasiswa Teknik Kimia UB diadakan, dengan tujuan untuk mewujudkan keinginan mahasiswa membentuk Himpunan Teknik Kimia UB. Question, justifikasi, klarifikasi, privillege, dan answer adalah istilah-istilah yang digunakan peserta dalam berdebat dan saling apresiasi dari tujuan acara ini. Malamnya, terdapat acara pengakraban Mahasiswa Teknik Kimia UB angkatan 2011 dan 2012. Ada sesi tanya jawab antar angkatan tentang masalah akademik maupun non-akademik. Lalu BEM Teknik UB, menjadi pengisi materi untuk menuntun dan memberitahu peserta dalam mewujudkan Himpunan Teknik Kimia UB.

Hari Minggu pagi, 14 April 2013, acara games yang diisi oleh BEM Teknik UB untuk peserta KONEKSI II dimulai tepat pukul 09.00 WIB. Adalah Caterpillar Race, Build a Tower, Pertanyaan Unik dan Games Sarung-Helm, serangkaian permainan dari BEM Teknik UB yang menguji ketangkasan, kepintaran, dan kekompakan peserta.

Acara terakhir dari KONEKSI II yaitu Sarasehan antara mahasiswa, dosen dan karyawan Teknik Kimia UB yang saling sharing tentang keadaan internal akademik dan non-akademik Teknik Kimia UB. Selain itu, dalam acara ini diperkenalkan tiga dosen pengajar yang baru yaitu Julianda, ST., MT, Vivi Nurhadianty, ST., MT dan Rama Oktavian, ST., M.Sc ., dimana dua dari dosen baru ini adalah lulusan dari Taiwan.

“Harapan saya untuk acara ini agar rasa Teknik Kimia UB menjadi satu, yaitu rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan sehingga dapat tumbuh bersama pada masing-masing individu. Alangkah baiknya bila KONEKSI tetap berjalan tiap tahunnya untuk saling mempererat rasa kebersamaan antar mahasiswa Teknik Kimia UB”, itulah jawaban Ary Rahmansyah, Ketua Pelaksana KONEKSI II ketika ditanyai tentang harapannya di acara ini. Semoga harapan dan tujuan acara ini diadakan dapat terwujud dengan baik yang diimplementasikan dengan perubahan positif pada peserta dan pemateri KONEKSI II tahun 2013. (RB. Moh Miftahol Arifin)