Language :  
Senin, 16 September 2013 - 11:36:07 WIB
Langkah Awal Program Studi Teknik Kimia Menembus PIMNAS
Diposting oleh : administrator
Kategori : Berita - Dibaca: 746 kali


Program Studi Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Brawijaya (PSTK -FTUB) memperoleh kepercayaan dalam pengembangan institusi melalui program PHK A1 (Program Hibah Kompetisi). Salah satu kegiatannya adalah Kegiatan Pembinaan Penalaran dan Kompetisi Ilmiah Mahasiswa.

Pada hari Kamis tanggal 12 September 2013 telah diadakan salah satu rangkaian dari Kegiatan Pembinaan Penalaran dan Kompetisi Ilmiah Mahasiswa tersebut yaitu sosialisasi kepada mahasiswa PSTK-FTUB. Kegiatan sosialisasi ini diikuti sekitar 230 mahasiswa dari angkatan 2011, 2012, dan mahasiswa baru 2013.

Selain bertujuan untuk  sosialisasi kegiatan pembinaan,penalaran dan kompetensi ilmiah yang ditujukan untuk mahasiswa, ini juga menjadi acara pertama yang mempertemukan seluruh mahasiswa Teknik Kimia yang terdiri dari angakatan 2011,2012 dan 2013 duduk dalam satu ruangan mendengarkan penyampaian sosialisasi dengan penuh antusiasme tinggi.

Kegiatan  yang berlangsung 90 menit itu dibuka dengan sambutan dari Ibu Diah Agustina ST., MT. selaku  PIC aktifitas III pada PH A-1 sekaligus ketua yang menaungi kegiatan pembinaan PKM dan CPDC, kemudian dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh Bapak  Ir.Bambang Poerwadi, M.S., yang berisi gambaran umum tentang bagaimana penyampaian gagasan yang inovatif dan kreatif sebagai solusi dari permasalahan yang ada di lingkungan sekitar dan di aplikasikan dalam bentuk Program Kreatif Mahasiswa (PKM).

Selain itu Bapak dosen yang ramah ini, juga menambahkan tentang perlunya mahasiswa teknik kimia untuk ikut berpartisipasi dalam ajang bergengsi Chemical Product Design Contest atau yang lebih dikenal dengan CPDC  yang sangat diminati oleh seluruh mahasiswa Teknik Kimia di tingkat nasional. Tidak hanya itu, tips dan trik pun turut disampaikan guna memotivasi seluruh peserta yang hadir dalam Ruang Auditorium Lantai 2 Dekanat Fakultas Teknik Univesitas Brawijaya tersebut.

Suasana petang itu pun menjadi lebih ramai dengan adanya sharing pengalaman dari mbak Susilowati dan kawan-kawan sebagai wakil dari angkatan 2011 yang berpartisipasi dalam kegiatan PKM dan CPDC tahun lalu. Senyum pun menghiasi wajah keempatnya dalam menyampaikan cerita suka duka yang dialami. Mulai dari pengumpulan ide, pengaplikasian dalam bentuk proposal yang disertai research yang mendukung ide tersebut, konsultasi dengan dosen hingga tahap revisi yang nantinya akan mengantarkan sebuah PKM yang berkualitas dengan basic Teknik Kimia sebagai bidang keahlian yang dimiliki. “Bagi saya untuk mendapatkan suatu keberhasilan yang besar, dibutuhkan pengorbanan yang besar pula “, tutur mbak Susilowati sebagai salah satu mahasiswa yang lolos dalam semifinal PKM bidang kewirausahaan yang menghasilkan sebuah produk inovatif dalam bentuk ” Kripton (Kripik Beton)” yang menggunakan biji Nangka atau beton sebagai pengganti kedelai yang merupakan bahan baku pembuatan tempe. Selain mbak Susi , adapula kelompok dari mbak Siti Romlah yang beranggotakan 4 orang yang terdiri dari 3 angkatan 2011 dan 1 orang dari angkatan 2012 berhasil dalam membuat “Elit Papa” sebagai salah satu katalisator untuk  mempercepat proses fermentasi dalam pembuatan tempe.

Penyampaian cerita ini juga menjadi salah satu motivasi yang akan mendorong seluruh mahasiswa Teknik Kimia khususnya mahasiswa baru dalam berpartisipasi dan berkontribusi pada kegiatan PKM dan CPDC, yang nantinya juga sebagai ajang promosi Program Studi Teknik kimia yang terbilang baru untuk berprestasi di tingkat nasional terlebih dengan adanya pembinaan dari seluruh dosen yang akan mempermudah kesempatan mahasiswa dalam melangkah menuju PIMNAS. (Cindy Mardhita)