Ditulis pada tanggal 21 January 2014, oleh admin, pada kategori Berita, Kegiatan

Mengawali agenda tahun baru, Teknik Kimia Universitas Brawijaya mengadakan acara sarasehan pada tanggal 16 Januari 2014 dengan tema “Meningkatkan Kebersamaan dan Prestasi Tahun 2014” di ruang Prof. Ir. Suyono Gedung Dekanat Fakultas Teknik lantai 2. Acara ini dihadiri  oleh seluruh keluarga besar Teknik kimia Universitas Brawijaya yang meliputi seluruh pegawai, dosen, dan.mahasiswa dari angkatan 2011, 2012, dan 2013.

Sarasehan diawali dengan sambutan singkat oleh Pembantu Dekan III Fakultas Teknik Universitas Brawijaya yaitu Dr. Slamet Wahyudi, S.T., M.T. yang berisikan motivasi kepada seluruh mahasiswa Teknik Kimia untuk lebih meningkatkan prestasi secara akademik, minat bakat, dan organisasi dengan cara mengikuti berbagai kompetisi nasional maupun internasional. Beliau juga menambahkan bahwa Fakultas Teknik akan selalu mendukung penuh semua usaha mahasiswa Teknik dalam dalam mengikuti kompetisi-kompetisi termasuk dukungan dalam bentuk materi.

Sambutan oleh PD 3 FT

Acara kemudian dilanjutkan dengan dialog interaktif antara mahasiswa Teknik Kimia dengan Tenaga Kependidikan Teknik Kimia. Mahasiswa berkesempatan untuk mempertanyakan semua hal yang berkaitan dengan sistem administrasi dan laboratorium di Teknik Kimia. Mahasiswa menanggapi sesi acara ini dengan antusias. Banyak pertanyaan yang dilontarkan. Salah satu pertanyaan yang berkenaan dengan administrasi Teknik Kimia ialah mengenai mekanisme daftar ulang dan pengisian KRS yang masih membingungkan beberapa mahasiswa. Perwakilan dari pegawai tata usaha yaitu Indriati Farida, S.E., M.M. menjelaskan secara singkat dan jelas mekanisme daftar ulang dan pengisian KRS. Beliau juga menyatakan bahwa dalam waktu dekat Teknik Kimia akan mengeluarkan MP (Manual Procedure) untuk memudahkan mahasiswa Teknik Kimia.

Berkaitan dengan laboratorium, pertanyaan yang banyak diajukan oleh mahasiswa ialah faktor keselamatan selama melakukan praktikum dan fasilitas di laboratorium. Bu Evi dan Bu Titin yang merupakan laboran menjelaskan bahwa faktor keselamatan merupakan hal yang harus diutamakan dalam praktikum karena melibatkan berbagai bahan kimia berbahaya dan peralatan yang tidak murah harganya. Keselamatan dalam bekerja di laboratorium bukan hanya tanggung jawab laboran namun juga semua mahasiswa dan dosen. Teknik kimia akan terus berusaha melengkapi fasilitas baik untuk praktikum maupun untuk keselamatan kerja di laboratorium. Mahasiswa diharuskan untuk selalu mematuhi aturan di laboratorium dan memakai perlengkapan keselamatan sebelum melakukan praktikum. Mahasiswa juga diharapkan turut bertanggung jawab dan waspada akan keselamatan masing-masing sehingga kecelakaan kerja selama praktikum dapat dihindari.

Sesi sarasehan dengan tenaga kependidikan teknik kimia UB

Acara berikutnya merupakan sesi yang ditunggu-tunggu oleh seluruh mahasiswa yaitu dialog interaktif antara dosen dan mahasiswa Teknik Kimia. Berbagai pertanyaan yang diajukan antara lain mengenai pelaksanaan praktikum, proses kuliah, praktek kerja lapang, skripsi hingga rencana masa depan Program Studi Teknik Kimia. Petanyaan demi pertanyaan dijawab dengan jelas dan diselingi candaan oleh para dosen yang membawa suasana sarasehan semakin hangat. Acara sarasehan akhirnya ditutup dengan uraian motivasi singkat serta semangat yang disampaikan secara bergantian oleh dosen kepada seluruh mahasiswa Teknik Kimia untuk terus meningkatkan prestasi dan berjuang mencapai impian. Salah satu peryataan yang mengobarkan semangat di hati mahasiswa ialah pernyataan Prof. Ir. Chandrawati cahyani,”Mari kita berikan yang terbaik dan berkomitmen untuk mengharumkan nama Program Studi Teknik Kimia di tingkat nasional maupun internasional! Teknik Kimia, Be Excellent! ” (Cindy Mutiara)