Ditulis pada tanggal 7 March 2017, oleh admin, pada kategori Berita

cover_issue_1_en_USRendahnya angka publikasi jurnal di Indonesia merupakan salah satu masalah yang sedang terjadi d bidang pendidikan Indonesia.  Menurut Staff Ahli Bidang Inovasi dan Daya Saing Kemendikbud, Ananto Kusuma Seta yang dihimpun pada laman republika.co.id November 2016 lalu, mengatakan bahwa jumlah jurnal di Indonesia sangat minim yaitu hanya sekitar 0,1 persen dari total jumlah penduduk Indonesia.Salah satu langkah yang diambil oleh Universitas Brawijaya ialah melalui program ketahanan jurnal dimana rektor Universitas Brawijaya menghimbau kepada civitas akademia di Universitas Brawijaya dapat berperan aktif dalam penerbitan jurnal ilmiah. Hal inilah yang mendorong Jurusan Teknik Kimia FT UB untuk mempublikasikan jurnal elektronik pertama yang berbasis Open Journal System (OJS) pada bulan Februari 2017 yang lalu. Publikasi jurnal ini bertujuan untuk memfasilitasi dosen dan mahasiswa (dari dalam atau luar lingkungan Teknik Kimia FT UB) untuk mempublikasikan hasil penelitiannya, dimana topik yang diangkat ialah tentang Rekayasa Bahan Alam dan Energi Kerberlanjutan.

Proses publikasi jurnal ini melibatkan tim editor jurnal Jurusan Teknik Kimia FT UB yang dipimpin oleh Rama Oktavian, ST., M.Sc serta mitra bestari (reviewer) dari kalangan akademisi di luar Jurusan Teknik Kimia FT UB. Naskah jurnal yang masuk akan diperiksa oleh tim editor untuk memastikan kesesuaian topik. Jika naskah jurnal yang diberikan sesuai dengan topik maka akan diserahkan kepada reviewer untuk proses koreksi yang lebih detail. Jurnal yang telah dikoreksi nantinya akan diberikan kembali kepada penulis jika masih terdapat beberapa kekurangan dan penulis dapat mengirimkan kembali jurnal yang telah direvisi. Setelah mendapatkan proofread dari tim editor dan reviewer maka jurnal dapat langsung dipublikasikan.

Saat ini tim editor tengah berfokus untuk mendapatkan akreditasi jurnal dari pihak Dikti sehingga diperlukan konsistensi dalam penerbitan jurnal. Rencananya publikasi jurnal dilakukan sebanyak dua kali dalam satu volume. Pada jurnal Volume 1 No.1 yang memuat enam judul penelitian diterbitkan pada bulan Februari 2017 dan Volume 1 No. 2 akan dipublikasikan pada bulan Juli 2017, sedangkan Volume 2 rencananya akan diterbitkan pada tahun 2018 mendatang. Jurnal yang telah dipublikasikan dapat diakses dilaman http://rbaet.ub.ac.id. (np)