Ditulis pada tanggal 11 November 2016, oleh admin, pada kategori Berita

myhome_4 Meski Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia (HMTK) UB belum genap satu tahun bergabung dalam Badan Koordinasi Kegiatan Mahasiswa Teknik Kimia Indonesia (BKKMTKI), Program Studi Teknik Kimia FT-UB telah dipercaya untuk menjadi tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (RAKORNAS) XVII. RAKORNAS XVII ini bertemakan “Development and Technology Process of Indonesian Natural Resources” dilaksanakan pada Jumat (4/11) hingga Rabu (9/11) di Villa Panderman View, Batu, Jawa Timur, diikuti oleh total 127 peserta yang merupakan Himpunan Mahasiwa Teknik Kimia Indonesia dari 42 Universitas.

Pada Jumat (4/11) pukul 14.30, dilaksanakan kegiatan pembukaan RAKORNAS XVII oleh Dr. Ir Pitojo Tri Juwono, MT, bertempat di Auditorium Prof. Ir. Suryono Lantai 2 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Kemudian dilanjutkan dengan mobilisasi peserta ke Villa Panderman View, Batu. Pada hari kedua, Sabtu (5/11), peserta mengikuti Seminar Nasional mengenai “Development and Technology Process of Indonesian Natural Resources” di Auditorium Prof. Ir. Suryono Lantai 2 Gedung Dekanat Fakultas Teknik Universitas Brawijaya. Pemateri pada Seminar Nasional ini adalah Dr. Ir. Tatang Hernas Soerawidjaya (Kepala Ikatan Ahli Bioenergi Indonesia), Juwari, ST., M.Eng., PhD (Ketua APTEKINDO), Ahmad Sobri, S.E (HR dan PA Departemen PT. Nippon Shokubai Indonesia) dan Ari Setio Nugroho, S.T (SAP Technical Production Department PT. Nippon Shokubai Indonesia). Kemudian dilanjutkan dengan Talkshow bersama Ir. Mujiaman Sukirno, District Manager PT. Nalco Water, Sekretaris Jendral BKKMTKI pertama pada periode 1889-1991, dengan tema “Komunikatif dan Aplikatif untuk Pengembangan Sumber Daya Manusia” pada pukul 16.00 hingga 18.00 di Aula Villa Panderman View. Antusiasme peserta dalam mengikuti talkshow ini sangat baik, karena tema talkshow sangat sesuai dengan kebutuhan peserta yang merupakan anggota BKKMTKI dalam memajukan BKKMTKI selanjutnya. Dan malam harinya setelah makan malam, dilaksanakan Rapat Koordinasi sesi pertama mengenai Tata Tertib Rapat dan Pemaparan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) Pimpinan Pusat bidang Hubungan Antar Lembaga (HAL) oleh, Dinda Anggunianti Utami. Dilanjutkan dengan Rapat Koordinasi sesi kedua pemaparan LPJ Pimpinan Pusat bidang Riset dan Teknologi (RISTEK) oleh Ilham Akbar Jamalullail.

Hari ketiga, Minggu (6/11), usai sarapan, pukul 08.00 – 12.00 melanjutkan agenda Rapat Koordinasi Hari Minggu sesi pertama mengenai pemaparan LPJ Pimpinan Pusat bidang Sekretariatan dan Organisasi (SEKOR) yang diwakilkan oleh Sekretaris Jendral BKKMTKI Periode 2015-2017, Ainuraziz Ramadhana Putraninghadi dan pemaparan LPJ Pimpinan Pusat bidang Pengabdian Masyarakat (PENGMAS) oleh Akbar Makmun. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan Ishoma sebelum ke sesi kedua. Rapat Koordinasi sesi kedua yaitu pada pukul 13.30 – 18.00 mengenai LPJ Pimpinan Pusat bidang Pendidikan dan Keprofesian (P&K) oleh Muhammad Alib dan pemaparan LPJ Pimpinan Pusat bidang Publikasi dan Komunikasi (PUBKOM) oleh Khairul Fauziah Hanisa. Sedangkan sesi ketiga dimulai kembali setelah acara bebas dan makan malam, yaitu pada pukul 19.00 – 22.00 mengenai LPJ Pimpinan Pusat bidang Dana Usaha (DANUS) oleh Arni Yuli Nugroho dan pemaparan LPJ Sekretaris Jendral oleh Ainuraziz Ramadhana Putraninghadi.

Agenda pada hari  keempat, Senin (7/11), sama seperti pada hari ketiga dengan kegiatan Rapat Koordinasi yang dibagi menjadi empat sesi, yaitu pada rapat sesi pertama (senin pagi) dan sesi kedua (senin siang), Rapat Koordinasi membahas mengenai Kerjasama dengan Solusi Maxi, sedangkan rapat sesi ketiga (senin sore) dan sesi keempat (senin malam) yaitu pembahasan rekomendasi startegis tiap daerah Hari ketiga dan keempat diakhiri dengan acara bebas dan istirahat bagi peserta.

Hari kelima, Selasa (8/11) peserta diajak untuk Wisata Petik Apel di Agrowisata CV. Mitra Apel pada pukul 09.00 – 11.00 dan dilanjutkan dengan Ishoma dan berwisata Pembelian Oleh-Oleh di salah satu pusat pembelian oleh-oleh khas Malang hingga pukul 15.00. Sedangkan pada malam harinya dilangsungkan kegiatan Gala Dinner yang bertempat di Aula Villa Panderman View dengan rangkaian kegiatan hiburan, yaitu pembukaan oleh MC, persembahan Tari Kontemporer oleh mahasiswa PSTK-FTUB, band akustik dari HMTK UB, persembahan masing-masing daerah dan penyampaian kritik saran, serta pesan kesan oleh peserta dari tiap daerah, Ketua Pelaksana RAKORNAS XVII, Pimpinan Pusat BKKMTKI dan Ketua HMTK UB, juga adanya pemberian kenang-kenangan untuk tuan rumah. Gala Dinner ini sekaligus merupakan penutupan dari RAKORNAS XVII ini. Dan pada hari keenam, Rabu (9/11), peserta bersiap untuk kembali ke daerah masing-masing.

Sofyan Abdullah dan Fitri Ariadna selaku Ketua Pelaksana dan Sekretaris Umum RAKORNAS XVII menyatakan bahwa jalannya RAKORNAS XVII secara keseluruhan sesuai dengan rencana meskipun terdapat beberapa kendala yang muncul, baik pada sebelum hari-H maupun di hari-H tersebut. Namun kendala tersebut masih bisa diatasi dengan baik dan tidak mempengaruhi jalannya acara secara keseluruhan. Dengan terpilihnya PSTK-FTUB menjadi tuan rumah RAKORNAS tahun ini memberikan pesan dan kesan yang positif, baik pada tuan rumah maupun peserta RAKORNAS. Pesan dari Ketua Pelaksana dan Sekretaris Umum RAKORNAS XVII adalah pentingnya komunikasi dengan semua pihak yang terkait dengan acara supaya dapat meminimalisir kendala-kendala yang muncul dan perlunya mematangkan setiap plan dengan membuat rincian kegiatan dari yang paling sederhana hingga yang kompleks sekalipun. Sedangkan kesannya adalah perasaan senang karena dapat bertemu dengan orang-orang seprofesi dan senasional dan mendapatkan pengalaman yang tak tergantikan. Sedangkan dari peserta sendiri menyatakan senang dalam mengikuti jalannya acara karena seru dan banyak ilmu yang diterima, serta dapat mengenal orang-orang baru yang sama-sama dari latar Teknik Kimia. (aini)